AKPAR NHI Bandung melalui Satuan Penjaminan Mutu melaksanakan Pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi selama 2 hari mulai dari Selasa sd Rabu, tanggal 09-10 Agustus 2022 di Aula Kampus AKPAR NHI Bandung lantai 4 pukul 08.00 –  16.00 WIB. Adapun peserta pelatihan berjumlah 10 auditor yang diambil dari dosen tetap dilingkungan AKPAR NHI Bandung. Hal ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan para auditor serta pengenalan terhadap Standar Penjaminan Mutu Internal AKPAR NHI Bandung dengan menghadirkan narasumber yaitu Dr.Nan Rahminawati.,M.Pd dari Badan Penjaminan Mutu UNISBA dan beliau sebagai fasilitator dari LLDIKTI Wilayah IV.

Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan dari AKPAR NHI dalam pelaksanaan dan implementasi Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Hal ini dilakukan sejalan dengan visi AKPAR NHI Bandung yaitu Pada Tahun 2042, menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Pariwisata yang unggul dan memiliki daya saing Global.

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur AKPAR NHI Bandung Drs.Djoko Suyono.,M.Si.,CHE Untuk pencapaian perguruan tinggi Unggul, Direktur AKPAR NHI Bandung mengatakan perlunya keseriusan dalam melakukan Audit Mutu Internal untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada. Oleh karena itu diperlukan auditor-auditor yang berkompeten dan bersertifikat untuk dapat mencari akar penyebab dari permasalahan yang ada pada program studi. Dengan kemampuan auditor diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada program studi dalam memenuhi pencapaian terhadap akreditasi nilai unggul.

 

 

 

 

Pelatihan pada hari pertama, Narasumber  memberikan pengenalan terhadap Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Yang selanjutnya pemahaman evaluasi Pelaksanaan Standar SPMI (AMI-PT) dan Kode Etik seorang Auditor. Dalam penyampaiannya, narasumber sangat interaktif sehingga suasana pelatihan menjadi suasana diskusi.

Dilanjutkan pada hari kedua peserta pelatihan lebih banyak langsung praktik mensimulasikan kegiatan audit dan mempraktikan langsung dengan mengundang para auditee dengan menggunakan pedoman daftar tilik yang sudah ada. Simulasi pertama berkenaan dengan pemeriksaan hasil temuan RTM tahun lalu dan tindaklanjut yang sudah dilaksanakan, dilanjutkan dengan memeriksa dokumen kelengkapan yang sudah ada kemudian dibuatkan daftar tilik yang akan ditanyakan atau di konfirmasi mengenai data yang akan ditanyakan, setelah daftar tilik selesai maka diaplikasikan langsung dengan mengundang perwakilan auditee untuk melaksanakan kegiatan tanya jawab antara auditor dan auditee, hasil interaksi tersebut kemudin dikritisi oleh narasumber, simulasi ini diakhiri dengan pembuatan laporan audit sebagai bahan untuk laporan pada saat Rapat Tinjauan Manajemen. Pelatihan ditutup oleh Wakil Direktur I bidang Akademik dengan memberikan kenang kenangan kepada nara sumber.