BANDUNG, (KORAN PR).- Sejak acara kuliner mulai populer di televisi, titel “chef” sepertinya mudah disematkan kepada orang yang dinilai pandai memasak. Di Indonesia sendiri salah satu chef yang telah mempunyai nama di bidang kuliner baik nasional atau internasional yaitu chef Degan Septoadji.

Bertempat di aula Akademi Pariwisata NHI Bandung, pada hari Rabu 7 Desember 2022 chef Degan Septoadji menceritakan kisah hidupnya hingga sukses menjadi chef internasional di hadapan para mahasiswa dan dosen Akademi Pariwisata NHI.

Lahir di Jakarta, Chef Degan menghabiskan masa kanak-kanak dan remajanya selama 14 tahun di Jerman sebelum kembali ke tanah air di akhir tahun 80-an. Pada usia 20 tahun, Chef Degan memulai kariernya di industri kuliner dengan bekerja di salah satu restoran fine dining di Jakarta, kariernya di dapur professional ini sudah ditempuh selama hampir empat dekade.

Nama Chef Degan sendiri mulai menarik perhatian publik setelah dirinya menjadi juri di ajang Masterchef Indonesia pada tahun 2012-2013 dan Junior Masterchef Indonesia pada tahun 2014. Berprestasi di bidangnya, Chef Degan juga pernah meraih nominasi Best Asian Chef 2012 di World Gourmet Summit Singapore.

Tidak hanya Jerman dan Indonesia, kisah Chef Degan juga dipenuhi dengan pengalamannya melanglang buana ke berbagai negara demi meningkatkan keahliannya di bidang profesi kuliner. Chef Degan sudah pernah mengunjungi Kepulauan Bahama, Thailand, Cina, Sri Lanka, Maroko, Australia, Prancis, dan juga Inggris.

Profesi Chef sendiri menurut nya merupakan profesi yang menjanjinkan karena dunia kuliner di  Indonesia sedang baik pertumbuhan nya , ” Jangan salah, banyak para GM dari hotel terkenal berawal dari Chef, mereka mengawali karier nya ” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa profesi Chef ini panjang dan membutuhkan kerja keras untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Mengenai kualitas chef sekarang yang ada di Indonesia, Chef Degan menjelaskan bahwa kualitasnya sangat baik, hal ini karena banyaknya sekolah atau lembaga yang berkualitas di bidang perhotelan ditambah kemudahan media teknologi,

” Salah satunya Akpar NHI ini, saya yakin nanti kedepanya para mahasiswa di sini akan sukses menjadi Chef internasional ” tutur Chef yang baru meluncurkan Buku Behind The Chef.

Sementara itu direktur Akpar NHi Bandung H. Bambang Katjaswara, S. Sos, MM. Par mengatakan bahwa kampusnya sengaja mengundang Chef Degan karena ingin memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mengetahui bagaimana caranya menjadi chef internasional. ” Kami dari Akpar NHI berterimakasih atas kehadiran nya Chef Degan, kisah suksesnya beliau dan ilmu nya beliau semoga bisa menjadi inspirasi bagi anak didik kami di kampus ini ” tutup nya.***

Editor : Mochamad Iqbal Maulud